Langsung ke konten utama

Pengalaman Jadi Penonton Alay di Variety Show Pertelevisian Indonesia

                 Udah dua tahun ngga nulis artikel hehehe, Karena gw bener-bener sibuk kuliah, kegiatan kampus, tugas akhir, sidang, apalah segala macem termasuk malas-malasan. Jadi blognya yahh mau dibilang dianggurin juga ngga, tapi dibilang update juga ngga. Ya gitu deh. Jangan kebanyakan pembukaan, ini blog bukan proses lahiran jadi yaudah lanjoooottttt....

                 Kalian udah ngga asing kan dengan kata "Penonton bayaran"? Itu loh yang diacara TV TV yang ngeramein acara hora hore jogat joget dibayar. Kalian pernah kepikiran ngga sih, Berapa gaji mereka? Gimana mereka kerjanya? Apakah punya jadwal seperti profesi lain? Apakah mereka punya bos atau independen? Nah, untuk kali ini gw pengen sharing aja pengalaman gw 1 hari jadi penonton bayaran.


Source: Google (Gaada foto gw disini)


"Hah?? Jadi penonton bayaran?"


Iya, gw pernah jadi penonton bayaran di Tr**s TV. Cuman 1 hari tapi menurut gw ini enak sih buat diceritain karena ini pengalaman yang cukup unik selama hidup gw.


                Jadi ini kejadiannya di hari Senin, 19 November 2018. Pada waktu itu kampus gw lagi tumbenan pulang cepet karena waktu itu kalo ngga salah dosennya ada acara gitu akhirnya pulang jam 10. Gw awalnya mikir jam 10 pulang pengen ke McD dulu, karena kan kebetulan kampus gw deket banget sama McD dan berhubung cuacanya enak banget biar pulang langsung tidur. Terus temen gw sebut aja si Abang (dia cewe btw) bawa mobil katanya dia mau nonton live nah live-nya itu jam 1 siang. Terus dia ngajak gw, Nada, sama Madu buat ikut ke Tr**s TV. Oh okelah kalo gitu gw ayok aja, yang ada di otak gw waktu itu adalah gw pengen nemenin si Abang dangdutan, jadi yang di pikiran gw tuh gw bakal nonton konser dangdut di Tr**s TV jadi yaudahlah yaa cuman konser dangdut aja.

                Akhirnya sampe ke gedungnya Tr**s TV. Perjalanan dari kampus ke gedung memakan waktu kurang lebih 40 menit. Jadi sampai disana sekitar jam 11:40. Karena belom jam 1 jadi gw, Abang, Nada, sama si Madu mau nyari tempat makan dulu. Alhamdulillah ketemulah food court, jajanlah gw sambil ngobrol.


Gw nanya "Ehh emang mau nonton live-nya siape sihh??"


Terus si Abang jawab "Bronis"


Gw shock dong gw bilang "Seriusan lu?? Anjirlaaahh gw males di sorot takut diketawain emak gw"

 

Terus yaudah tuh gw baca Bismillah aja supaya kaga kesorot muka gw. Secara gw ngga tau apa-apa tentang TV, Gw udah ngga pernah nonton TV, terus yaudah gw jadi oon karena gw emang gatau apa-apa tentang TV, kirain gw mau nonton konser dangdut ternyata mau nonton Bronis but it's okay kalo cuman jadi penonton doang, Karena si Abang ini emang penggemarnya Ayu Ting-Ting jadi wajar banget kalo dia ngajakkin gw nonton acara "T a l k s h o w" macem Bronis. It's okay.


Btw hiburan gw kalo ngga donlot ya streaming. *Gapenting dan gaada yang nanya juga sih*


                 Jam sudah menunjukan pukul 12:40. Gw sama temen gw nyari dimana studionya. Sumpah... Studionya jauh dan mojok pulak, jalan kesana kemari pokoknya jauh tuh studio udah kayak jalan mengelilingi labirin bolak belok gang sempit. Akhirnya nemu tuh studionya. Banyak orang ngumpul kayak emak-emak, anak muda, dll bervariasi ada yang dandanannya natural, Ada yang bondol emo, Pokoknya macem-macem deh. Terus uniknya mereka ini dateng kayak rombongan gitu dan pada saling kenal. Yah semacem gw dateng ke suatu komunitas gitu loh wkwk, gw diliatin udah kayak anak bawang karena emang gw sama temen-temen gw yang jadi penonton sukarelawan. Yaudah akhirnya gw sama temen-temen gw nunggu didepan studionya gitu tiba-tiba gw disamperin emak-emak gitu gw awalnya udah curiga nih "Wah nih pasti apa-apa nihh" itu yang ada dipikiran gw. Dan ternyata bener si emak-emak ini ternyata kayak "Pengurus"nya para penonton bayaran. Dia nawarin kayak "Gimana kalo lu nonton kita bayar?". Terus gw sama temen-temen gw bingung dong mau nerima apa kagak. Mau nolak tapi gapunya duit, mau nerima juga malu. Yaudah setelah kelamaan mikir akhirnya KAMI MENERIMA TAWARAN TERSEBUT !!!.

               Pertama si Abang disuruh ngehubungin "boss"nya penonton bayaran, Abis itu disuruh daftar isi nama dan nomor telepon. Karena namanya bebas ga harus sesuai KTP disitu gw nulis nama gw "Thasya". Begitu selesai daftar kami disuruh baris 2 saf.  Jadi kami gabung sama para penonton bayaran ini. Akhirnya pintu studio dibuka, para crew memberi aba-aba buat tetep masuk dengan tertib. Yaudah akhirnya gw masuk dong disitu udh banyak penonton bayaran lg pada rempong dandan.

                Segmen 1 dimulai, Lagu mulai dialunkan diiringi oleh nyanyian dari Ivan Gunawan terus para penonton pada berdiri dengan kompak dan joget lincah banget (Gw cuman tepuk tangan doang diem). Gw shock ngeliatnya kayak "Ya ampun ternyata pada kompak-kompak". Tiap ada sorotan kamera gw selalu tutup muka takut emak dirumah nonton. Akhirnya goyang dikit buat mengikuti alur aja biar ga beda sendiri terus tiba-tiba ibu-ibu (yang merupakan seorang penonton bayaran juga) bilang "Kok jogetnya lemes banget? yang lincah dong". Yaudah gw tetep joget lemes karena ditonton orang rumah. Akhirnya abis segmen 1 break iklan 7 menit nahh biasanya pas break iklan itu penonton pada touch up karena capek kan abis joget lincah banget gitu.

                Segmen baru dimulai, disitu penonton pada sorak-sorakan sama artisnya bahkan ketawa teriakan merekapun teratur dengan rapi (kayak udh di briefing) . Ini bener-bener unik!

Total 4 segmen kalo gasalah pas segmen akhir pada bangun joget-joget lagi sampe abis, begitu acara selesai kita semua langsung ketemu si ibu boss tadi buat bayar Rp. 20.000 (mayan lah dapet naspad sama minum) abis itu gw liat penonton bayaran lagi mereka mau ke acara lain buat jd penonton bayaran. Jd mereka punya jam terbang ga ke cuman 1 acara.

Jadi dapat disimpulkan bahwa:

  • Para penonton bayaran udah di briefing dari awal
  • Penonton bayaran ga cuman ke 1 acara doang, Mereka berpindah-pindah
  • Mereka juga berusaha menampilkan yang terbaik walaupun di TV cuman muncul sekilas (salut)
  • Mereka sangat ekspresif
  • Penonton bayaran juga profesi yang melelahkan. Bagaimana tidak? Mereka bisa aja dari pagi pulang malem banget kalo jadwal mereka padat.
  • Gaji tergantung kelas penonton, ada yang 1 acara dibayar Rp. 100.000, ada yang Rp. 50.000, ada juga yang Rp. 20.000
Begitulah pengalaman gw jadi penonton bayaran di acara televisi Indonesia. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menganalisa ini karena ini berdasarkan yang gw rasakan ketika gw jd penpnton bayaran kalau misalkan ada yang lebih berpengalaman, silahkan share pengalaman kalian di kolom komentar. Terima Kasih.

 

Berikut dokumentasinya:

Dokumentasi November 2018

 
Dokumentasi November 2018


Dokumentasi November 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW] PIXY SILKY FIT LIPSTICK

Hi Guys... Kali ini gw pengen review lagi-lagi Produk favorit gw Iyaakk PIXY hehehe di artikel sebelumnya gw sempet review Beauty Mistnya nahh sekarang Lipsticknya. Gw suka banget sama sesuatu hal yang berbau kawaii gitu yap makanya gw suka banget sama pixy ini. Packagingnya kawaii banget nuasa pink gitu.... Gw punya yang nomor 216 warna pinkish peach satin . Warna pas buat gw. Oh iyaaa ini Recommended banget nih buat kalian yang masih pelajar SMA/SMK kayak gw buat pergi kesekolahan biar bibirnya gak keliatan pucet atau buat yang ke Kantor juga bisa pokoknya ini cocok bgt buat daily make up. Kalo gw olesin di tangan warnanya kayak gini Kalo untuk teksturnya, Teksturnya enak lembut juga mengandung Sweet Almond Oil dan Vitamin E  jadi bibir kalian tetap lembab kalo pake Lipstick ini. Kalo gw pake di bibir jadi kayak gini: Harganya juga murah waktu itu gw beli gak nyampe 50rb sekitar 20-30rb an doang tergantung belinya dimana kadang di toko tertentu ada yang suka d

[REVIEW] Pixy Aqua Beauty Protecting Mist

Diartikel gw yang kali ini gw pengen review salah satu product favorit gw yaitu PIXY !!! Udah bagus terus harganya sangat bersahabat buat kantong pelajar kayak gw ini hehehehe.... Nah yang gw review kali ini adalah PIXY AQUA BEAUTY PROTECTING MIST !!! PIXY AQUA BEAUTY PROTECTING MIST ini harganya 25rb an doang guyss..... Kemasannya simple kayak beauty mist lainnya ini fungsinya buat ngelindungin make up biar gak cepet luntur nah kebetulan banget nih gw setiap hari ke kantor tempat gw PKL itu naik motor dan (You know lah Jakarta kalo jam 8-an macetnya kayak apa) suka keringetan di Jalan pas sampe kantor mukanya kucel, make upnya luntur, rambut berantakan bekas helm ih pokoknya kesel deh. Pas disemprot ke muka tuh rasanya kayak ada adem-ademnya gitu juga wanginya enak.. Oh ya ini juga bagus loh buat melembabkan wajah gak cuman buat make up lock doang. Ini bisa kok dipake kalo abis mandi, atau kalo muka kalian kering juga bisa tapi kalo gw sih buat make up lock. Katanya si

[REVIEW] Etude House Drawing Eyebrow (Dark Brown)

Pensil Alis umumnya untuk membentuk/membingkai alis & membuat alis nampak lebih tebal... Dan biasanya kebanyakan orang yang suka pake pensil alis itu orang yang alisnya tipis. Nah untuk kali ini gw mau review pensil alis favorit gw yaitu ETUDE HOUSE DRAWING EYEBROWS gw beli di olshop 45rb-an sebenernya ini gw repurchase yang kedua kalinya karena waktu itu punya gw ilang disekolah jd gw beli lagi. Sebenernya alis gw tergolong "Tebal" tapi kenapa gw pake pensil alis ?? Karena cmn bwt ngewarnain alis gw doang... Gw gasuka bikin alis yang dibikin naek gitu -_- lah wong alis gw jg udh tebel nanti kalo dibikin kayak gitu nanti kayak tante-tante padahal umur masih 17 😒😒 OK lanjut ke packaging Packagingnya sederhana... Bentuknya Panjang dan ada tulisan dan merknya.. Oh iyaa pas pertama barang ini dateng tutupnya di segel pake barcode yang ditutupnya itu.. Tapi udh gw robek Selain itu Etude house ini punya sikat alisnya juga.. Jadi setelah digambar disikat alisnya biar n